Memilih Polis Asuransi

image

Memilih Polis Asuransi yang Tepat Melalui asuransi jiwa, Anda dapat mengakumulasi dana agar kelak dapat mememenuhi kebutuhan Berbagai kejadian tak terduga yang dialami oleh beberapa orang di sekitar kita sering menimbulkan efek psikologis cukup serius bagi orang-orang yang dekat dengan mereka. Contohnya, seorang ayah yang tergolong dalam usia produktif tiba-tiba meninggal dunia.

Padahal, yang bersangkutan belum mendapatkan proteksi asuransi jiwa, baik secara individual maupun korporat. Anak-anaknya pun belum diikutsertakan dalam program asuransi pendidikan.

Sang istri adalah ibu rumah tangga dan dia mengandalkan penghasilan semata-mata dari gaji sang suami. Peristiwa kemalangan ini membuat istri dan anak-anak kehilangan sosok yang sangat mereka cintai. Kepergian sang ayah meninggalkan beban keuangan yang harus ditanggung oleh keluarga yang ditinggalkan, yakni istri dan anak-anak.

Faktanya, kebutuhan pokok keluarga harus tetap dipenuhi, dan anak-anak masih membutuhkan dukungan dana yang besar untuk menyelesaikan studi.
Ilustrasi tersebut seyogianya bisa membuka kesadaran di kalangan masyarakat tentang pentingnya memproteksi diri sejak dini dengan produk asuransi jiwa.

Persiapan dari awal sangat penting untuk menghindarkan keluarga dari risiko kejadian yang tidak terduga di kemudian hari. Dalam rangka itu, asuransi jiwa bisa berfungsi sebagai solusi ideal, yakni memberikan proteksi maksimal sekaligus menyediakan skema tabungan di dalamnya.

Melalui asuransi jiwa, Anda dapat mengakumulasi dana agar kelak dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Pada saat yang sama, Anda juga memperoleh perlindungan apabila terjadi musibah yang membuat kebutuhan keuangan Anda mengalami peningkatan, dan itu tidak masuk dalam anggaran pengeluaran Anda sebelumnya.

Terkait dengan hal tersebut, saya akan memaparkan beberapa pilihan polis asuransi jiwa bagi Anda. Mana pilihan Anda? Secara esensial, produk asuransi jiwa terbagi dalam empat kategori, yakni :
1. Asuransi Berkala
2. Asuransi Whole Life
3. Asuransi Endowment
4. Asuransi Unit Link.

Pertama, Asuransi Berkala.
Produk ini memungkinkan bagi Anda untuk menerima perlindungan/proteksi selama jangka waktu tertentu.
Secara praktis, manfaat proteksi hanya akan dibayarkan kepada Anda atau keluarga Anda bila Anda meninggal dunia atau mengalami cacat tetap selama masa pertanggungan.

Asuransi Berkala tidak memberikan nilai tunai pada akhir kontrak. Polis ini juga tidak akan menghasilkan nilai tunai bagi Anda bila polis Anda batal di tengah jalan. Meskipun demikian, besarnya premi yang harus Anda bayar untuk Asuransi Berkala tergolong lebih murah dibandingkan dengan jenis polis asuransi lainnya.

Kedua, Asuransi Whole Life. Program asuransi jiwa tipe ini menyediakan perlindungan atau proteksi seumur hidup, sepanjang Anda terus membayar premi. Secara praktis, keluarga sebagai ahli waris akan mendapatkan pembayaran dari manfaat uang pertanggungan, termasuk bonus bila ada, ketika Anda meninggal dunia atau mengalami cacat tetap

Ketiga, Asuransi Endownment. Program ini merupakan kombinasi antara perlindungan atau proteksi dengan tabungan selama jangka waktu berlakunya polis asuransi.
Secara praktis, manfaat uang pertanggungan, dan bonus bila ada, akan dibayarkan kepada Anda di akhir kontrak.

Atau, Anda dan keluarga Anda bisa mendapatkannya ketika Anda meninggal dunia atau mengalami cacat tetap. Apa yang terjadi kalau Anda tetap sehat pada saat polis jatuh tempo? Anda akan menerima kompensasi finansial dari manfaat asuransi.

Asuransi Endownment bisa bermanfaat bagi Anda untuk berbagai kebutuhan menabung, misalnya tabungan untuk pendidikan anak-anak Anda maupun tabungan hari tua.

Keempat, Asuransi Unit Link. Dalam Program Asuransi Jiwa yang dikaitkan dengan investasi (Unit Link), premi asuransi yang Anda bayar akan digunakan untuk memberikan perlindungan/proteksi, dan pada saat yang sama dana tersebut akan diinvestasikan pada sejumlah unit investasi sesuai pilihan Anda.

image

Anda bebas menentukan dana investasi sehingga Anda dapat mengendalikan dana Anda secara lebih baik. Konsekuensinya, keuntungan Anda bergantung pada pilihan-pilihan investasi dana Anda. Secara esensial, semua jenis program asuransi jiwa tersebut sama-sama mendatangkan manfaat proteksi bagi Anda. Sejauh mana Anda melihat urgensi untuk mendapatkan salah satu dari program tersebut, semua itu bergantung pada prioritas kebutuhan yang Anda hadapi saat ini dan rencana pemenuhannya di masa mendatang.

Anda seyogianya memilih produk asuransi yang sesuai dengan jenis kebutuhan proteksi Anda. Misalnya, Anda membutuhkan perlindungan atas risiko kebutuhan keuangan akibat berbagai risiko, antara lain kematian, rawat inap, atau cacat tetap. Pada saat yang sama, tingkat toleransi Anda terhadap risiko, tujuan Anda dalam menabung dan berinvestasi, serta horizon periode investasi juga menentukan program asuransi yang cocok bagi Anda.

Konkretnya, untuk menentukan pilihan produk asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda seyogyanya berkonsultasi dengan agen asuransi jiwa. Mereka akan melayani Anda serta memberikan solusi yang terbaik bagi Anda.

Advertisements

2 thoughts on “Memilih Polis Asuransi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s